Rabu, 06 Maret 2013

Tafsir Surat Al-Kahfi Ayat 46


Setelah menyebutkan perumpamaan kehidupadan dunia, kemudian Allah swt menjelaskan hakikat makna harta dan anak-anak.

Allah berfirman (...المال و البنون زيبة الحيواة الدنيا)

Al-maal dalam bahasa arab adalah sesuatu yang dimiliki oleh manusia baik berupa uang, barang-barang property ataupun hewan ternak dll.
Sedangkan Az-ziinah merupakan kata masdar (dari kata kerja zanaa yaznii yang berarti berhias). Maksud kata ziinah dalam ayat ini adalah segala sesuatu yang mempunyai daya tarik dan nilai lebih dimata manusia (Perhiasan). Dengan mengerti bahwa maksud dari kata pada ayat diatas : Harta dan Anak-anak adalah perhiasan dimana Manusia bisa mengambilnya sebagai perhiasan kehidupan duniawi dan saling berlomba-lomba dengan yang lainnya.

Di dalam ayat tersebut harta dan anak-anak disebutkan sebagai perhiasan karena (sebagaimana yang disebutkan oleh Imam Al-Qurthubi) harta mempunyai keindahan estetika dan manfaat yang bisa diambil oleh manusia, sedangkan anak-anak adalah sebagai kekuatan batin bagi keluaraga dan juga mempunyai manfaat yang bisa diambil.

Al-Imam Al-aluusy berkata ra : Kata Al-maal didahulukan karena harta lebih terlihat sebagai perhiasan di mata manusia, dan harta tanpa anak-anak pun bisa kita sebut sebgai perhiasan tidak sebaliknya, seseorang yang mempunyai anak tanpa harta maka ia hidup dalam kehidupan yang sempit.

Ungkapan dalam kata “ziinah” bukan “qiimah” mempunyai makna balaghoh yang dalam. Kedauanya adalah hanya sebagai perhiasan (ziinah) bukan sebagai Qiimah (nilai yang tinggi di mata allah). Dengan begitu ukuran kemulian manusia tidaklah bisa diukur dengan harta ataupun anak-anak akan tetapi kemulian diukur oleh iman dan amal sholih. Sesuai dengan firman allah swt (inna akramakum indallahi atqookum).
Maka dengan begitu allah mengkhirkan ayat menutup akhir ayat dengan firmannya : (wal baaqiyatus soolihaatu…) jika dalam pandangan manusia bahwa harta dan anak-anak sebagai perhiasan yang di pamerkan manusia maka iman dan amal sholeh adalah sebagai baaqiyatus soolihaat yang hasilnya tidak akan pernah hilang bagi manusia itu sendiri dan menjadi lebih baik bagi manusia sedangkan harta dan anak-anak sering kali menjadi cobaan bagi manusia.
Para Ulama salaf berbeda pendapat tentan arti kata Baaqiyatus soolihaat
Atho ibn abi robbah ra berkata : maknanya adalah kalimat Subhanallah wal hamdulillah walaa ilaaha illallaah, wallahu akbar
Ibnu Abbas ra berkata : maknanya adalah Solat lima waktu

 Dari sini kita bisa melihat bahwa lafal dari baaqiyatus soolihaat adalah kata yang umum dan bisa mencakup semua perkataan dan perbuatan yang allah menjadi ridho dengannya. Allah menamakan baaqiyat (sesuatu yang kekal) karena perkjaan tersebut tidak akan hilang hasilnya berbeda dengan perhiasan duniawi yang telah disebutkan.

*Ringkasan dari kitab Tafsir Al-Wasith karangan Syekh Muhammad Sayyid Thanthawi

1 komentar:

  1. Slots by Slots by Slots by Casino City - Mapyro
    Find slot 동해 출장마사지 games by Slots by 안산 출장마사지 Casino City - RTP, comments, bonuses and reviews. Slots at Slots.io. Welcome 안성 출장샵 Bonus. Slots 보령 출장안마 at Slots.io is a 속초 출장안마 New Zealand based online

    BalasHapus