Rabu, 06 Maret 2013

Buku Muhammad Al-Matsalul Kamil


Judul Buku    : Muhammad al-matsalul kaamil
Penulis           :        Muhammad Ahmad Jaadul Maula bek
Penerbit         :       Ilmul Kutub
Tahun terbit  :       1998 M/1481 H
Tebal              :       472 Halaman
Resentator    :       Adityawarman


Sebuah buku yang menceritakan sosok fenomenal yang pernah terlahir ke dunia dan paling berpengaruh sepanjang sejarah manusia, Nabi Muhammad shollallhu alaihi wasallam. Buku ini dikarang oleh seorang tokoh asal turki Syekh Muhammad Jaadul Maula bek. Beliau adalah seorang ulama sekaligus cendekiawan muslim dan mempunyai karangan-karangan yang khusus ditulis oleh beliau sendiri atau ditulis dengan beberapa penulis lainnya.

Buku ini tergolong dalam buku kontemporer yang merujuk pada buku-buku turats/klasik para Ulama sebelumnya namun buku ini mempunyai banyak keunggulan dan lebih mudah untuk bisa dipahami dari buku kontemporer lainnya.
Buku ini pernah dicetak sebelumnya berkali-kali di turki. Setelah awal pencetakan pengarang mengirim buku ini kepada para Ulama dan Cendekia untuk lebih melengkapi segala yang tertinggal dari kitab ini maka dari itu dikeluarkanlah cetakan kedua bahkan sampai ketiga. Dengan berprasangkaan baik dari pengarang kepada para Ulama dan Cendekia atas usulan dan nasihat maka buku ini menjadi lebih sempurna dari segi uslub dan hikmah dari cetakan-cetakan sebelumnya.
Dengan gaya bahasa yang sederhana serta mudah dipahami beliau menjabarkan tentang keagungan Nabi Muhammad saw dari semua aspek kehidupan seperti dari segi Kepribadian, Muamalah, Politik, Keindahan fisiknya, dan dilengkapi dengan sumber-sumber ilmiyah yang bisa dipegang seperti penukilan hadis-hadis dan syair-syair sehingga membuat para pembaca tahu siapa sebenarnya Sosok Nabi Muhammad shollallhu alihi wa sallam, dengan begitu buku ini diberi judul “Muhammad Al-matsalul kaamil/Muhammad adalah satu-satunya sosok teladan yang sempurna”.
Pengarang ingin membuka mata para muslim dan penguasa bahwa sebenarnya mereka mempunyai seorang tauladan yang tidak ditemukan sedikitpun kekurangan dalam dirinya, yang selama ini telah luput dari pandangan mereka sendiri dan lebih memandang kepada para artis-artis dan cendekiawan-cendekiawan yang terkadang malah membuat kepribadian mereka tersesat. Kata-kata dari para perawi yang terdapat dalam buku ini akan kekagumannya semakin menunjukan akan keagungan dan kemuliaan Nabi Muhammad shollallahu alihi wa sallam yang tak terhingga.

Menerut Resentator karya ini merupakan sebuah kontribusi besar yang mana bisa mengenalkan siapa saja baik dari golongan muslim atau non-muslim bagaimana dan siapa itu Nabi Muhammad Shollallahu alaihi wa sallam. Melihat dari fenomena diakhir-akhir ini banyak dari golongan muslim yang sebatas mengetahui Bahwa Muhammad shollallahu alihi wa sallam adalah Nabi dan tidak mengenalnya dari dekat. Begitu pula dari golongan non-muslim banyak dari mereka yang menuding dengan senonoh kepada Nabi Muhammad shollallahu ailihi wa sallam membawa ajarannya dengan peperangan dan sebagainya.

Semoga resensi ini bisa bermanfaat buat semua pembaca serta mendorong kita untuk lebih mengenal sosok tauladan yang telah luput dari perhatian kita selama ini,  sosok paling fenomenal yang tak akan pernah hilang dimakan waktu dan mengantarkan para pembaca pada kebahagian di dunia dan akhirat, amien, wallahu`alam bis showab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar